12345

RESENSI BUKU: Beyond the Inspiration

 

Judul Buku: Beyond the Inspiration

Penulis: Felix Y. Siauw

Penerbit: Khilafah Press, Jakarta

Cetakan: Ketiga, Juli 2010

Tebal: 250 Halaman + xxvi

 

To see beyond the eyes can see
To believe beyond the beliefs can believe
To inspire beyond the inspiration

 

Itulah inspirasi yang akan pembaca dapatkan ketika membaca buku Beyond the Inspiration. Buku pertama yang ditulis oleh Felix Y. Siauw ini mengajak pembaca untuk melihat lebih dari mata, meyakini lebih dari kepercayaannya, dan terinspirasi lebih.

Buku best seller ini berisi konsep-konsep Islam tentang kehidupan dengan pandangan yang menyeluruh. Didukung dengan penggunaan bahasa yang mudah dipahami serta penganalogian yang apik dan sederhana, sehingga memudahkan pembaca untuk memahami isi buku ini.

Dalam menulis bukunya, Felix Y. Siauw memaparkan gagasannya ke dalam 7 bab. Ketujuh bab tersebut, setidaknya penulis membaginya ke dalam 4 segmen. Dalam segmen yang pertama penulis ingin menjelaskan kepada pembaca bahwa hidup yang dijalani manusia adalah pilihan. Pilihan tersebut murni yang merupakan pilihan manusia itu sendiri tanpa ada paksaan dari siapa pun.

Setelah pembaca dipahamkan mengenai konsep hidup adalah pilihan, maka dalam segmen yang kedua pembaca diajak oleh penulis untuk dapat menemukan serta memiliki pendoman atau guidence yang benar. Pedoman ini yang akan mengarahkan hidup manusia agar senantiasa memilih pilihan yang benar.

Selanjutnya dalam segmen yang ketiga, penulis memotivasi pembaca dengan memberikan gambaran bagaimana mental orang-orang Islam yang seharusnya. Penulis menjelaskan bahwa mental seorang Muslim yang memiliki aqidah yang benar tidak pernah menjadikan realitas kehidupan sebagai sandaran untuk berbuat dan berharap. Akan tetapi mental seorang muslim adalah mental yang mereka hanya menjadikan apa yang dikabarkan Allah SWT dan Rasul-Nya sebagai sandaran untuk berbuat dan berharap. Di sini pembaca akan mendapatkan inspirasi dan motivasi lebih yang akan mendorong kita  untuk berbuat dengan mendobrak batasan realitas yang ada. Untuk lebih mudah memahami konsep ini penulis memberikan gambaran melalui contoh dengan mengangkat seorang tokoh Islam bernama Muhammad Al-Fatih 1453 M

Pada segmen yang terakhir, penulis mengajak kepada pembaca untuk menyusun dan merencanakan kehidupan yang berorientasi pada kehidupan akhirat. Di sini penulis memaparkan bahwa seorang muslim harus mempersiapkan bekal sebaik mungkin untuk kehidupan akhirat karena akhirat merupakan kehidupan yang kekal.

Buku ini direkomendasikan bagi para remaja dan pemuda, khususnya mahasiswa yang saat ini tengah mencari jati diri dan tujuan hidup. Buku ini juga sangat direkomendasikan bagi generasi muda yang menginginkan tujuan hidup yang hakiki dan kehidupanya berjalan di atas jalan keberkahan dan kemuliaan. Khusus untuk kaum muslim yang sama sekali awam dengan islam, buku ini juga dirancang khusus untuk kaum awam, dan insya Allah menjadi bekal pemikiran yang cukup untuk menjadi seorang muslim/muslimah visioner.

 

Oleh: Pujiati Sari

*Resensator adalah Anggota Forum Lingkar Pena Sulteng


Box Redaksi

Pembina: Rektor Universitas Tadulako Pengarah: Prof. H. Hasan Basri, MA, Ph.D, Prof. Dr. H. Syahril Natsir, SE, M.Si, Asmadi Weri,SH,MH, Prof. Ir. Zainuddin Basri, Ph.D Ir. H. Andi Hasanuddin Azikin, M.Si. Pimpinan Umum/Penanggung Jawab: Dr. Muhammad Khairil, S.Ag, M.Si. Dewan Redaksi: Prof.Dr.Ir. Muhammad Basir, SE,MS, Dr. Muhammad Khairil, S.Ag.M.Si, Dr. Ridwan Tahir, SH, MH, Dr. Arianto,M.Si, Takbir Launtina, S.Sos, Dra. Hj. Sumarni Zainuddin, M.Si. Pimpinan Redaksi: Ida Nur'aeni, S.Pd.M.Pd, Wakil Pemimpin Redaksi: Taqyuddin Bakri, S.Pd. Redaktur Pelaksana: Ilyas Lampe, S.Sos, M.I.Kom Wakil Redaktur Pelaksana: Ari Fahry, S.I.Kom. Redaktur Rubrik: Andi Akifah.Sos,M.ICT, Rosdian, SH,MH, Isrun, SP,MP, Andi Chairil Furqan, SE,M.Si. Soraya Pinta Rama, S.Sos. Reporter: Taqyuddin Bakri, Rosfatima Jamal, Pujiati Sari, Wayan Irmayani, Rafani Tuahuns, Wardatul Nurjannah, Ari Fahry, Muliati Supandi, Hisdamayanti Djupanda, Muhammad Akbar Anas, Muamar Kadafi, Ikerniaty A.T. Sandili, Karmila, Shofia Nurun Alanur, Rusman, Michael, Mohammad Afandi Admin Web: Soraya Pinta Rama,S.Sos, Desain Web: Adiyatma Kamarudin Kesekertariatan: Drs. Samsumarlin, M.Si, Munawir M. S,Sos, Drs. Sammen, M.Pd, H. Munawir M, S.Sos, Akhmad Usmar S.Sos, Zamahuddin